Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tong Sampah 3 warna? Apa Fungsinya?

Tong sampah 3 warna sering kita jumpai di hampir setiap sudut kota. Bentuknya persegi panjang dengan penutup di bagian atasnya. Warnanya yaitu merah, kuning dan juga hijau. Terlihat cerah dan segar dipandang mata.

Tahukah kamu jika warna-warna pada tong sampah ini punya arti khusus. Penentuan warna merah, kuning dan hijau tidak asal. Melainkan punya makna tertentu.

Jenis-Jenis Sampah

Sampah adalah segala sesuatu yang merupakan sisa aktivitas manusia maupun alam yang tidak memiliki nilai ekonomis. Sampah bisa mencemari lingkungan jika tidak dikelola dengan baik.

Jumlah sampah tiap tahun semakin meningkat. Jika dibiarkan sampah-sampah ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, menjadikan lingkungan kotor sampai mengundang bencana banjir.

Karenanya diperlukan pengelolahan sampah agar dampak yang ditimbulkannya dapat diminimalisir dengan baik.

Pada dasarnya sampah terdiri dari dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah non organik.

1. Sampah Organik

Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup dan sifatnya bisa diuraikan oleh mikroorganisme. Sampah organik tidak tahan lama dan cepat membusuk. 

Biasanya meninggalkan bau tidak sedap jika tidak dibuang dan dikelola dengan baik. Kabar baiknya, sampah organik bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos yang berguna untuk tumbuh kembang tanaman.

Contoh sampah organik yaitu sisa makanan manusia seperti sayur, ikan, buah, atau hasil dari kebun seperti daun, rumput kering, ranting pohon yang patah dan lain-lain.

2. Sampah Non Organik

Sampah non organik adalah jenis sampah yang tidak berasal dari makhluk hidup. Biasanya dari hasil pengolahan pabrik yang sifatnya tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme. 

Jenis sampah seperti ini tidak bisa ditimbun atau dihancurkan, karena tidak dimakan oleh mikroorganisme. Salah satu caranya yaitu dengan didaur ulang atau dikelola dengan cara lain agar tidak mencemari lingkungan.

Contoh sampah non organik yaitu plastik, steorofom, barang pecah belas, dan lain-lain.

Arti Tong Sampah 3 Warna

Arti Tong Sampah 3 Warna

Tong sampah atau tempat sampah adalah wadah yang digunakan untuk membuang sampah agar tidak berserakan di jalanan. Tempat sampah bentuknya bermacam-macam. Bisa bulat, persegi, atau persegi panjang. Namun umumnya tempat sampah berbentuk persegi panjang karena lebih luas.

Tong sampah pada umumnya dipakai untuk membuang berbagai macam jenis sampah. Namun seiring berkembangnya zaman, sampah mulai dikelola dengan baik. Caranya dengan memilah sampah berdasarkan jenis sampah.

Pengelolaan sampah non organik biasanya lebih sulit karena tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme. Karenanya penangannya pun lebih ekstra. Biasanya jenis sampah seperti ini akan didaur ulang menjadi benda lain yang bisa dipakai lagi.

Pengelolaan sampah saat ini sudah menjadi perbincangan dunia. Mengingat jumlah sampah tiap tahunnya terus bertambah. Jika tidak dikelola dengan baik, sampah akan menutup permukaan bumi dan menjadi pencemaran yang meraksasa.

Pengelolaan sampah di tiap negara berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, pemerintah telahh menetapkan pengelolaan sampah dengan memilahnya berdasarkan jenis sampah. Sampah-sampah tersebut dimasukkan ke dalam tempat sampah 3 warna yang mewakili jenis sampah, yaitu hijau, kuning dan merah.

1. Tong Sampah Warna Hijau

Tong sampah warna hijau digunakan untuk jenis sampah organik yang mudah terurai. Contohnya sisa makanan dan barang dari kebun, seperti bekas nasi, sayur, ikan, daun, rumput dan tisu.

Saat memasukkan sampah organik ke tong sampah warna hijau, jangan masukkan sampah ke dalam plastik. Tapi buang langsung ke tong sampah. Plastik termasuk sampah non organik yang tidak bisa diurai mikroorganisme, jadi penangannya pun berbeda.

2. Tong Sampah Warna Kuning

Tong sampah warna kuning digunakan untuk jenis sampah organik dan non organik yang bisa didaur ulang. Contohnya plastik, kertas, kardus, botol minuman, dan lain-lain.

Pada tong sampah warna kuning ini, usahakan tidak memasukkan barang-barang yang masuk dalam kategori merah. Seperti bahan yang mudah meledak atau racun, karena penangannya berbeda.

3. Tong Sampah Warna Merah

Tong sampah warna merah digunakan untuk membuang sampah non organik yang tidak bisa didaur ulang dan bersifat Bahan Berbahaya dan Beracun (3B). 

Seperti kaca, barang becah belah, bahan kimia dan benda berbahaya lainnya. Pengambilannya pun harus hati-hati karena bisa melukai petugas pengambil sampah.

Itu dia tempat sampah 3 warna dan fungsinya. Pemilahan sampah dengan adanya warna diharapkan bisa membudidayakan masyarakat untuk bijak mengelola sampah. Edukasi seperti ini penting, agar masyarakat semakin sadar akan kebersihan lingkungan. 

Pemilahan sampah berdasarkan jenis akan membantu mengurangi dampak sampah sehingga lingkungan menjadi semakin bersih dan terjaga.

Posting Komentar untuk "Tong Sampah 3 warna? Apa Fungsinya?"