Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merdeka Finansial Di Usia Muda, Kenapa Tidak?

Merdeka finansial pastinya menjadi impian banyak orang. Dengan merdeka finansial, kita tidak perlu pusing dengan biaya bulanan yang harus dikeluarkan secara rutin. 

Atau ketika ada kebutuhan mendadak yang membutuhkan dana besar. Ketika sudah bebas finansial, kecemasan semacam itu tidak terjadi lagi karena uang selalu ada untuk memenuhi semua kebutuhan.

Kita juga tetap bisa menikmati hidup tanpa harus memikirkan beban keuangan setiap harinya. Biasanya bebas finansial ini bisa dinikmati di hari tua, dimana ada jaminan hari tua dari uang pensiun atau tabungan yang sudah disiapkan untuk hari tua. Tapi apakah bebas finansial bisa dirasakan di usia muda? Tentu saja bisa.

Cara Bebas Finansial Di Usia Muda


Cara Bebas Finansial Di Usia Muda

Bebas finansial adalah keadaan dimana seseorang merasakan kebebasan secara keuangan. Artinya beban keuangan sudah tidak menjadi beban hidup karena sudah terpenuhi dengan sendirianya. 

Bebas finansial terjadi ketika kita punya ketersediaan uang banyak yang bisa memenuhi segala kebutuhan sehari-hari, baik kebutuhan primer, sekunder maupun tersier.

Cara untuk bisa bebas finansial bisa beragam. Tidak harus berupa tabungan yang berisi uang. Investasi pun bisa dijadikan media untuk bisa merdeka secara finansial. Beberapa cara untuk merdeka finansial di usia muda, diantaranya yaitu:

1. Menetapkan Tujuan Hidup

Menentukan tujuan dalam hidup itu sangat penting agar hidup lebih terarah. Apalagi setiap orang punya gaya hidup dan tujuan hidup yang berbeda. 

Jangan melihat tujuan hidup orang lain, karena bisa membuat kita mudah goyah. Tetapkan tujuan hidup kita sendiri berdasarkan cita-cita dan keinginan di masa depan.

Ketika ingin bebas finansial di usia muda, tetapkan di usia berapa kemerdekaan finansial itu ingin dicapai. Apa saja yang ingin dilakukan dan apa saja yang sudah dilakukan. 

Begitu juga dengan berapa banyak tabungan yang sudah dipunyai dan investasi apa saja yang sudah dimiliki. Semakin rinci tujuan hidup kita, semakin bisa kita menentukan bagaimana tujuan hidup kita.

2. Membuat Anggaran Keuangan

Buatlah tagihan utang dan segala pembayaran tiap bulan secara rutin. Tujuannya agar terlihat jelas berapa banyak pengeluaran tiap bulannya. Atur keuangan dengan baik dengan menyisahkan pendapatan untuk tabungan.

Anggaran keuangan yang tertata dengan baik akan membuat segalanya terlihat rapi, sehingga kemerdekaan finansial pun dapat terlihat di masa depan.

3. Membuat Tabungan Otomatis

Tabungan otomatis adalah tabungan yang dibuat khusus untuk menabung. Biasanya diambil dari gaji bulanan yang otomatis ditarik dan masuk ke tabungan. Hal ini perlu untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu, sehingga kita bisa menahan diri dari membeli sesuatu yang di luar kebutuhan dasar.

Tabungan otomatis bisa dianggap sebagai uang hilang. Karena diambil dari gaji tiap bulan atau penghasilan kita. Sisihkan saja berapa jumlah uang yang wajib dimasukkan ke dalam tabungan otomatis ini.

Sehingga bisa terlihat berapa tabungan yang kita punya. Tabungan otomatis ini tidak boleh tersentuh oleh pengeluaran apapun.

4. Membersihkan Keuangan

Membersihkan keuangan artinya bebas hutang. Sekecil apapun hutang, tetap akan menganggu keuangan berjalan dengan lancar. Jika punya tanggungan hutang, sebisa mungkin segera lunasi dan gunakan uang yang ada untuk membangun kekayaan lebih banyak. Bukan untuk membayar hutang.

Keuangan lebih sehat jika tak punya hutang. Karenanya sebisa mungkin hindari hutang. Kalaupun harus kredit, usahakan segera lunasi dan bayar tepat waktu.

5. Membuat Strategi Tabungan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Biaya yang dikeluarkan tanpa rencana seperti sakit, atau kecelakaan tentunya harus dipersiapkan sejak dini. Biaya tak terduga seperti membutuhkan tabungan jangka pendek yang bisa diambil sewaktu-waktu dan mendadak.

Setelah dana jangka pendek teratasi, bisa lanjut memikirkan keuangan jangka panjang. Misalnya untuk investasi. 

Buatlah skema keuangan dari hulu sampai hilir, sehingga kita bisa memilah-milah sesuai kebutuhan kita. Jika bisa diatur dengan baik, tak menutup kemungkinan kemerdekaan finansial bisa dicapai di usia muda. Tak perlu menunggu tua.

Merdeka Finansial Bersama Bank BRI Indonesia Internet Banking

Bank BRI Indonesia internet banking adalah bank swasta Indonesia yang melayani masyarakat lewat berbagai fasilitasnya. Salah satunya lewat Brimo.

Aplikasi keuangan dari BRI yang berbasis internet ini mempunyai beberapa fitur terbaru yang semakin menarik. Tampilannya pun semakin segar dan memberikan manfaat yang lebih banyak kepada nasabahnya.

Kemerdekaan finansial di usia muda tentunya tak lepas dari akitivitas menabung yang diterapkan sejak dini. Bank BRI Indonesia internet banking membantu siapa saja yang ingin bebas finansial dengan membuka tabungan di BRI.

Bank BRI Indonesia internet banking didukung oleh internet dalam pengoperasiannya, melalui Brimo. Aplikasi keuangan ini bisa diunduh lewat playstore. Segala aktivitas perbankan seperti menabung, transaksi keuangan maupun investasi bisa dilakukan lewat Brimo.

Atur keuangan Anda dengan menabung lewat Brimo dan dapatkan keuntungan dalam pengaturan keuangannya. Info selengkapnya ada di https://promo.bri.co.id/main/content/main/bri_mobile.

Posting Komentar untuk "Merdeka Finansial Di Usia Muda, Kenapa Tidak?"