Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Payment Gateway dapat Meningkatkan Bisnis Anda

Internet mampu membantu bisnis lebih berkembang, misalnya untuk pemasaran dan transaksi online. Dengan bantuan internet, bisnis Anda bisa menjangkau konsumen lebih luas. 

Bisnis Anda juga perlu menggunakan internet untuk mempermudah transaksi online melalui payment gateway Indonesia terbaik.

Di masa pandemi ini terjadi perubahan besar di masyarakat, salah satunya ketika berbelanja. Konsumen tak lagi harus datang ke pasar atau toko secara langsung. 

Mereka mulai beralih berbelanja online. Selain praktis dan menghemat waktu, berbelanja online juga menghindarkan pembeli dari kerumunan dan kontak langsung dengan orang lain.

Setelah memilih barang-barang di toko online atau e-commerce, konsumen kemudian melakukan pembayaran dengan kartu debit, kredit, dan lainnya. 

Pada tahap ini ada peran payment gateway yang menjembatani proses pembayaran digital tersebut.

Meningkatnya Transaksi e-Commerce

Digitalisasi pembayaran terbukti mampu mendongkrak transaksi ekonomi digital melalui e-commerce. Di tahun 2020, transaksi e-commerce naik sebesar 29,6% menjadi Rp266,3 triliun dari semula Rp205,5 triliun di tahun 2019.

Di tahun 2021, transaksi e-commerce terus naik mencapai Rp401 triliun. Kenaikannya cukup signifikan, di atas 50 persen. Grafik positif ini diperkirakan masih terus berlanjut pada tahun 2022, mencapai Rp526 triliun (naik 31,2 persen).

Data-data di atas menjadi bukti pentingnya pembayaran digital. Karenanya, Anda sebagai pemilik bisnis perlu menggunakan payment gateway Indonesia terbaik untuk meningkatkan transaksi bisnis.

Mengenal Payment Gateway

Payment gateway merupakan jasa sistem pembayaran yang disediakan bagi transaksi online. Sistem tersebut memungkinkan sebuah bisnis untuk menerima transaksi pembayaran dari mana saja dan kapan saja melalui internet.

Sistem ini lazim digunakan oleh e-commerce dan toko online, yang memberikan otorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Pilihan metode pembayarannya beragam, bisa dengan kartu kredit, kartu debit, e-wallet, dan lainnya.

Mekanisme kerja payment gateway sebagai berikut:
  • Pembeli melakukan transaksi online mulai dari memilih produk, menentukan metode pembayaran, hingga checkout.
  • Toko online mengirimkan data dari pembeli tersebut ke penyedia layanan payment gateway. Setelah pembeli menyelesaikan pembayaran, transaksi dilanjutkan ke bank atau institusi keuangan terkait.
  • Bank atau institusi keuangan memproses transaksi. Transaksi akan ditolak jika terjadi kesalahan pembayaran atau terdapat kekeliruan data.
  • Penyedia layanan payment gateway mengirimkan notifikasi ke toko online, apakah transaksi pembayaran berhasil atau gagal.
  • Pembayaran dari pembeli diterima oleh bank atau institusi keuangan, kemudian diteruskan kepada toko online.

Alasan Menggunakan Payment Gateway untuk Meningkatkan Bisnis

Alasan Payment Gateway dapat Meningkatkan Bisnis Anda

1. Metode Pembayaran Variatif

Payment gateway menyediakan beragam metode pembayaran yang bisa dipilih pelanggan. Misalnya melalui kartu kredit, kartu debit, e-wallet, virtual account, transfer bank, dan gerai minimarket. 

Keleluasaan ini membuat para pelanggan Anda bisa melakukan pembayaran sesuai preferensi mereka.

2. Transaksi Lebih Cepat dan Aman

Meskipun mekanisme payment gateway memerlukan banyak langkah, dalam praktiknya transaksi dilakukan dalam waktu sangat cepat. 

Payment gateway juga akan memberikan notifikasi kepada Anda apabila terjadi fraud dan proses pembayaran akan dihentikan.

3. Meminimalkan Kesalahan Transaksi

Kesalahan bisa saja dilakukan pelanggan jika menggunakan transaksi perbankan biasa, misalnya input jumlah pembayaran atau nomor rekening yang tidak sesuai. 

Kesalahan semacam ini tidak akan terjadi jika menggunakan payment gateway. Dengan demikian, kesalahan transaksi bisa dihindari dan pelanggan akan nyaman bertransaksi dengan bisnis Anda.

4. Tidak Perlu Banyak Akun Bank

Dengan payment gateway, Anda tidak perlu menyediakan banyak rekening bank. Payment gateway bisa menerima pembayaran dari beragam rekening milik pelanggan, dan menyalurkannya ke satu rekening bisnis Anda.

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Pemanfaatan payment gateway akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Untuk menerapkan payment gateway, ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi oleh sebuah bisnis. 

Tidak sembarang toko online bisa menggunakannya. Hanya bisnis terpercaya yang bisa menggunakan sistem ini.

6. Memperluas Jaringan Pelanggan

Payment gateway memungkinkan pembayaran dilakukan kapan saja dan di mana saja. Ini memberikan kesempatan bagi bisnis Anda menjangkau pelanggan lebih luas, bahkan hingga ke luar negeri.

Payment Gateway Terbaik di Indonesia

Anda perlu memilih penyedia payment gateway Indonesia terbaik. Midtrans menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan bisnis Anda.

Layanan Midtrans tersedia untuk beragam bisnis, mulai dari start-up, UMKM, hingga perusahaan besar. Lebih dari 500 ribu merchant telah menggunakan Midtrans, antara lain Tokopedia, Gojek, TaniHub, dan lainnya.

Untuk menggunakan layanan Midtrans, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Masuk halaman registrasi
  2. Klik tombol "Daftar Sekarang", dan Anda akan diarahkan ke halaman pengisian data registrasi.
  3. Isi data-data pada kolom Nama Bisnis, Nama Lengkap, Email Bisnis, Nomor Telepon Bisnis, Password dan Konfirmasi Password.
  4. Klik "Daftar" kemudian cek inbox email Anda. Selanjutnya klik Verify and complete registration untuk mengkonfirmasi proses registrasi.
  5. Anda akan diarahkan ke halaman login dashboard Midtrans (MAP), lakukan login menggunakan email dan password yang telah Anda atur sebelumnya.
  6. Akun Anda telah terdaftar di sistem Midtrans. Selesaikan proses passport untuk proses aktivasi akun Anda.
Salah satu layanan Midtrans untuk mempermudah pembayaran online yaitu fitur Payment Link. 

Payment Link adalah sebuah tautan pembayaran sederhana yang bisa Anda bagikan kepada pelanggan melalui WhatsApp, media sosial, email, dan lainnya. 

Ketika pelanggan selesai melakukan pembayaran, Anda akan menerima pemberitahuan real-time dan tidak perlu verifikasi manual satu per satu.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan bisnis, gunakanlah Midtrans sebagai penyedia layanan payment gateway Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "6 Alasan Payment Gateway dapat Meningkatkan Bisnis Anda"