Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Fungsi Kawat Seling Sebelum Membeli

Harga kawat seling yang ingin Anda beli ternyata banyak macamnya. Untuk mengetahui mengapa bisa terjadi, Anda perlu mengenal lebih tahu tentang kawat seling. Kawat seling merupakan lilitan dari lebih satu kawat baja yang membentuk seperti tali tambang. Jumlah kawat lilitannya berbeda sesuai dengan jenisnya.

Karakter kawat seling adalah sangat kuat namun bisa diubah-ubah bentuknya. Biasanya kawat seling disimpan dalam bentuk gulungan besar hingga setinggi orang. Besarnya gulungan menyesuaikan panjang harga kawat seling yang dibutuhkan.

Kemudian Anda perlu mengetahui bahwa kawat seling memiliki fungsi utama sebagai kebutuhan lifting atau poros atau katrol. Yang berfungsi sebagai alat angkat beban terutama di pertambangan.

Seiring perkembangan waktu harga kawat seling ini digunakan untuk berbagai sektor selain pertambangan, kelistrikan, kilang minyak dan gas, kontruksi, juga perusahaan besar yang membutuhkan lifting.

Istilah yang perlu Anda ketahui, kawat seling memiliki nama lain yaitu kawat sling atau wire rope. Agar Anda tidak bingung ketika menemukan nama yang berbeda, tapi bentuknya sama. Biasanya penjual wire rope akan paham jika ada yang bilang kawat seling atau sling.

Ukuran Harga Kawat Seling yang Perlu Anda Tahu

Sebelum membahas fungsi lain dari kawat seling, Anda perlu mengetahui ukuran kawat seling yang ingin Anda beli. Selain ukuran Anda juga perlu mengetahui inti dari kawat seling.

Harga kawat seling tiap ukuran berbeda-beda. Sehingga ketika Anda membeli tidak kebingungan dan bisa sesuai dengan kebutuhan.

Jumlah gulungan harga kawat seling yang sering dijual yaitu:
  • 6X37 + IWRC
  • 6X36 + IWRC
  • 6X12 + 7FC
  • 7X19 SS
  • 6X9 + IWRC
Penjelasannya sebagai berikut setiap wire rope atau kawat seling terdiri dari inti kawat seling dan lapisan kawat seling. Inti/core terbuat dari tiga jenis yaitu IRWC atau baja sepenuhnya, SS stainless steel, dan FC fiber core atau tali plastik.

Angka-angka di depannya merupakan jumlah dari lilitan kawat seling. Misalnya 6X37 merupakan jumlah satu gulungan besar yang terdiri dari 6 (enam) gulungan yang setiap satu gulungan terdiri dari 37 kawat seling yang mengelilingi inti kawat.

Ukuran kawat seling ditentukan oleh jenis kawat seling. Jadi setiap jenis kawat seling akan memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ukuran diameternya menggunakan mm(millimeter). Contohnya ukuran harga kawat seling 6mm. Mulai dari 5mm hingga 50mm. Ukuran ini juga menentukan kekuatan dari angkat beban.

3 Fungsi Kawat Seling yang Perlu Anda Tahu

Fungsi Kawat Seling yang Perlu Anda Tahu

Kawat seling selain dibedakan berdasarkan ukuran, jenis corenya, dan lapisannya juga memiliki fungsi yang berbeda dari tiga jenis berikut ini:

1. Wire Rope High Performance

Kawat seling ini biasanya digunakan untuk kebutuhan kilang minyak, gas, dan konstruksi. Kawat seling kinerja tinggi ini sering kali menggunakan hoist atau crane atau pesawat angkat yang besar-besar. Untuk lokasi-lokasi yang cukup ekstrem.

Kawat seling ini dirancang dengan kekuatan yang paling kuat di antara jenis lainnya. Memiliki ketahanan penggunaan kawat paling lama. Dan tidak mudah korosi di suhu yang ekstrem. Sehingga perusahaan besar sering menggunakan jenis kawat high performance yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

2. Wire Rope General

Kawat seling jenis general atau umum merupakan jenis yang sering digunakan oleh banyak pihak. Baik perusahaan besar maupun kecil menggunakannya. Jenis ini memiliki karakteristik kekuatan angkat beban yang kuat juga tapi tidak sekuat high performance.

Industri yang sering menggunakan wire rope general antara lain perkapalan, kilang minyak dan gas, konstruksi, usaha lifting, kelistrikan terutama untuk membuat menara pemancar, dan lainnya.

3. Wire Rope Stainless Steel

Kawat seling stainless steel berbeda dengan kawat seling lainnya. Kawat jenis ini memiliki warna yang berkilau yang sering digunakan untuk dekorasi. Karakteristik kekuatan angkat bebannya paling rendah di antara tiga jenis kawat seling.

Selain untuk dekorasi fungsi lainnya untuk alat kait, tali, pada penggunaan di luar ruangan. Penggunaan ini karena karakter kawat seling stainless steel bisa bertahan dari korosi udara.

Untuk mendapatkan harga kawat seling yang berkualitas Anda bisa dapatkan di Megaya.co.id. Megajaya merupakan spesialisasi jual kebutuhan perlengkapan lifting. Seperti wire rope, hoist atau crane atau pesawat angkat, chain dan lainnya. Anda bisa menemukan harga kawat seling 6mm juga. Untuk lebih tahu detailnya Anda bisa temukan beragam wire rope di Megajaya.co.id.

Posting Komentar untuk "Ketahui Fungsi Kawat Seling Sebelum Membeli"