Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Kardus Arsip : Fungsi, Jenis, Ukuran dan Kualitas

Bagi Anda yang bekerja di bidang kearsipan dengan berbagai dokumen dan data penting yang mengharuskan untuk disimpan dengan baik dan rapi, pasti tidak asing lagi dengan kardus arsip atau box arsip.

Kardus arsip merupakan salah satu alat kearsipan yang krusial sebagai tempat penyimpanan dokumen agar awet dan tahan lama. Mulai dari menyimpan folder aktif maupun tidak aktif, agar mudah dicari saat dibutuhkan.

Fungsi Utama Kardus Arsip

Apa itu Kardus Arsip : Fungsi, Jenis, Ukuran dan Kualitas

Seperti yang sudah disinggung diatas, sesuai namanya, box arsip merupakan kotak dengan berbagai ukuran yang berfungsi untuk alat kearsipan sebagai wadah atau tempat menyimpan data.

Simak beberapa fungsi kardus arsip secara lebih detail berikut ini!

1. Proses pencarian data arsip lebih efektif dan mudah

Memiliki berbagai dokumen penting yang dikumpul menjadi satu bundle membuat pencarian data menjadi sulit dan kadang membingungkan. Waktu yang dibutuhkan juga menjadi lebih lama dan kurang efektif.

Solusinya adalah menggunakan kardus arsip untuk mengorganisir dokumen. Dokumen dapat dikelompokkan sesuai kebutuhan dan diberi nama atau deskripsi di bagian luar kardus arsip sehingga pencarian data menjadi lebih efektif dan efisien dalam segi waktu.

2. Hemat ruang penyimpanan dan tampak lebih rapi dan terstruktur

Tumpukan dokumen dapat terlihat menjadi berantakan jika tidak disimpan dalam wadah yang benar. Banyaknya dokumen yang berceceran memiliki potensi hilangnya data arsip.

Memasukan tumpukan data arsip ke dalam kardus arsip dapat membuat dokumen arsip terlihat jauh lebih rapi dan apik.

3. Melindungi arsip dari kerusakan

Data arsip yang kebanyakan berbentuk bundle kertas sangat rawan dan mudah rusak. Dengan menggunakan box arsip kardus dapat melindungi meminimalisir hal itu terjadi.

Jenis Bahan Box Arsip dari Kardus

Berperan penting dalam keamanan dan efisiensi penyimpanan data arsip, pemilihan box arsip menjadi point penting agar sesuai kebutuhan dan keperluan kearsipan.

Dimulai dari jenis bahan, box arsip memiliki berbagai bahan dasar seperti plastik, namun bahan kardus adalah yang paling banyak dijumpai dan lumrah, selain itu harga box kardus arsip tergolong murah.

Walaupun box kardus arsip murah, kertas yang digunakan tidak sembarang dan ada spesifikasi khusus untuk mencapai standar nasional Indonesia. Bahan utama yang digunakan adalah jenis kertas karton yang bergelombang.

Bahan utamanya adalah medium berlapis-lapis yang bergelombang. Dilengkapi dengan kertas liner yang menjadi sekat bagian dalam dan proteksi bagian luar box arsip kardus yang aman.

Bukan hanya bahan dasar pembuatnya saja yang diatur, keadaan bahan lembar karton kardus untuk box arsip juga sudah diatur. Lembaran kertas harus dalam keadaan tidak keriput dan berlubang serta tentu saja tidak dalam keadaan kotor.

Terdapat dua jenis bahan lapisan untuk box arsip kardus: single wall dan double wall.

Sesuai dengan namanya, single wall memiliki satu lapis kertas karton bergelombang sehingga digunakan untuk dokumen arsip yang ringan hingga sedang.

Sedangkan untuk double wall, kertas gelombang memiliki dua lapis yang membuat box arsip lebih kuat dan kokoh sehingga ditujukan untuk kapasitas yang lebih besar.

Ukuran Kardus Arsip

Selain jenis bahan yang digunakan, ukuran kardus arsip menjadi salah satu kriteria yang perlu dipertimbangkan saat memilih wadah yang cocok untuk penyimpanan dokumen arsip.

Berikut adalah beberapa jenis ukuran standar kardus arsip:

Box Kardus Arsip Kecil

Ukuran box kardus kecil memiliki panjang sekitar 37 sentimeter, dengan lebar 27 sentimeter, serta ketebalan sekitar 9 sentimeter.

Box Kardus Arsip Besar

Untuk ukuran box kardus besar panjang dan tinggi memiliki ukuran yang sama dengan ukuran kecil, namun hanya lebar yang lebih tebal yaitu 19 sentimeter.

Kualitas Box Kardus Arsip untuk Penyimpanan Dokumen

Faktor terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah desain box kardus arsip. Desain dipilih sesuai dengan kebutuhan, tetapi bentuk kardus arsip juga menjadi poin krusial untuk menilai kualitas kardus arsip. Desain kardus yang baik dapat memaksimalkan kapasitas dan kualitas kardus.

Sesuai dengan standar yang ada, spesifikasi rongga untuk dokumen sebesar kurang lebih 1 cm di dalamnya. Selain itu, kardus arsip diberikan pula lubang ventilasi di bagian depan dan belakangnya masing-masing 2,5 cm diameter untuk box kecil dan 3 cm untuk box besar.

Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan agar terdapat rongga udara sehingga sirkulasi udara dalam box cukup dan dokumen tidak lembab.

Kualitas dan harga juga umumnya berbanding lurus. Harga kardus arsip bervariasi sesuai kualitas dan banyak pembelian. Banyak dijual kardus eceran/satuan maupun secara grosir yang dapat mempengaruhi harga jual kardus arsip sesuai kerumitan dan pemilihan warna.

Printing pada permukaan box dapat membuat penampilan wadah menjadi lebih apik dan mudah dikenal. Mencetak logo atau gambar khas perusahaan menambah harga beli kardus.

Sebagai simpulan, box kardus arsip berbahan kardus merupakan salah satu pilihan terbaik sebagai wadah dokumen data kearsipan. Dengan mempertimbangkan berbagai aspek sesuai kebutuhan dan budget untuk penggunaan masing-masing.

Posting Komentar untuk "Apa itu Kardus Arsip : Fungsi, Jenis, Ukuran dan Kualitas"