Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Attendance Software: Kelola Kehadiran Praktis dan Mudah

Mengelola kehadiran merupakan salah satu pekerjaan HRD yang paling menyita banyak waktu. Sementara itu, pekerjaan inti HRD adalah mengelola karyawan dan mengembangkan karyawan lebih terarah baik dari segi kinerja dan kemampuan. 

Attendance Software: Kelola Kehadiran Praktis dan Mudah

Untungnya ada attendance software yang mampu membantu HRD dalam mengelola kehadiran karyawan dengan praktis dan mudah.

Baca Juga: Cara Menghitung BEP (Break Event Point) yang Benar

Keunggulan Attendance Software

Bagi beberapa perusahaan, menggunakan software mungkin bukan pilihan utama karena dinilai membutuhkan biaya yang mahal. Padahal, ada berbagai keunggulan dari attendance software yang perusahaan mungkin belum sadari.

Apa saja keunggulan tersebut? Mari kupas satu-satu!

  1. Mudah digunakan. Biasanya HRD pasti akan berkutat dengan spreadsheet dalam mengelola kehadiran karyawan yang masuk setiap hari kerja. Namun, dengan adanya attendance software, HRD tak perlu lagi berkutat dengan spreadsheet tersebut. Semua dapat diproses secara otomatis berkat dukungan berbagai fitur.
  2. Fleksibel. Cara manual dalam mengelola kehadiran karyawan mengharuskan HRD berada di kantor untuk mengakses semua data. Sementara itu, attendance software dapat digunakan di mana saja dan kapan saja. Jadi, HRD pun bisa mengelola kehadiran karyawan melalui rumah, loh!
  3. Hemat. Kata siapa menggunakan software justru memakan biaya mahal? Menggunakan attendance software justru lebih hemat biaya dari pada menggunakan absensi manual mengandalkan mesin fingerprint. Sebab, attendance software tidak membutuhkan biaya perawatan seperti mesin fingerprint.
  4. Dijamin aman dan rahasia. Data dan informasi karyawan bersifat konfidensial dan harus dijaga kerahasiaannya oleh perusahaan. Tentu saja attendance software mempunyai tingkat keamanan yang tinggi didukung oleh cloud based server. Sehingga HRD dan perusahaan tidak perlu khawatir mengenai aspek keamanannya.
  5. Real time. Inilah salah satu keunggulan lain dari attendance software dibandingkan absensi manual. Jika menggunakan absensi manual, data kehadiran yang masuk tidak akan terpantau oleh HRD saat itu juga. Akan tetapi, beda halnya dengan attendance software. Data kehadiran karyawan yang masuk melalui aplikasi akan langsung terlihat di dashboard software sehingga HRD bisa melihat saat itu juga karyawan mana yang terlambat dan karyawan mana yang tepat waktu.

Jadi, Apakah Menggunakan Attendance Software Layak Diperhitungkan Perusahaan?


Dari pembahasan singkat mengenai keunggulan attendance software, bisa dikatakan bahwa menggunakan software untuk mengelola kehadiran jauh lebih baik dibandingkan menggunakan cara manual. Dari segi biaya pun, menggunakan software pun jauh hemat karena tidak membutuhkan biaya perawatan, tentu saja hal ini akan menguntungkan perusahaan dan membuat kinerja HRD jadi efektif dan efisien.

Perusahaan dapat menggunakan berbagai macam software untuk mengelola kehadiran yang terdapat di pasaran. Contoh dari software yang cukup banyak digunakan perusahaan adalah attendance software dari LinovHR. Banyak perusahaan memilih menggunakan LinovHR karena pelayanan LinovHR yang sigap dan tanggap.

Menggunakan attendance software untuk mengelola kehadiran karyawan pun menjadi opsi yang cukup menjanjikan bagi perusahaan. Bagaimana dengan perusahaan Anda?

Posting Komentar untuk "Attendance Software: Kelola Kehadiran Praktis dan Mudah"