Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Film Dokumenter yang Dapat Menambah Wawasan

Diakui atau tidak ternyata menonton film dokumenter dapat memberikan banyak manfaat. Hal ini tidak lepas dari kehadiran film ini berangkat dari peristiwa nyata yang dikemas dengan apik.

Membuat siapa saja yang menonton akan takjub dengan berbagai hal menarik yang timbul setelahnya. Banyak film dokumenter yang bisa dipilih dan diputar berulang kali, baik itu di forum pendidikan maupun umum.

Namun sebelum melihat beberapa film rekomendasi yang bisa dilihat ada baiknya pahami dulu apa itu film dokumenter. Tujuannya agar jangan salah mempersepsi sebuah film.

Dikutip dari laman wikipedia, Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan. Artinya apa yang dilihat penonton adalah sesuatu yang nyata terjadi. Berbeda dengan film pada umumnya yang bersifat fiksi atau karangan.

Manfaat Menonton Film Dokumenter

Film Dokumenter yang Dapat Menambah Wawasan

Ada cukup banyak manfaat menonton film dokumenter. Terutama pada mereka yang ingin belajar sejarah.

Film dokumenter akan memberikan pengetahuan secara langsung atas apa yang pernah terjadi dan akibat yang timbul. Dengan menonton secara langsung maka pemahaman akan lebih dalam daripada mereka yang hanya mendengar kisah atau katanya.

Selanjutnya film dokumentasi akan memberi inspirasi bahwa hal baik harus terus dilakukan dan sebaliknya hal negatif harus ditinggalkan.Menjadi motivasi juga bahwa hal baik yg tidak bisa muncul seketika tetapi harus diperjuangkan.

Diantara sekian banyak film dokumenter terbaik maak berikut 4 diantaranya:

1. Call Me Kuchu

Rekomendasi film dokumenter pertama tentu saja jatuh pada judul Call Me Kuchu. Film ini kali pertama rilis pada 2012 berkat tangan dingin Katherine Fairfax Wright dan Malika Zouhali-Worrall.

Film ini berkisah tentang seorang aktivis LGBT yang bernama David Kato yang berupaya memperjuangkan hak para kaum LGBT. Sebagai kaum minoritas di Uganda, David berjuang untuk apa yang ia yakini.

"CallMeKuchu" bercerita tentang tantangan dan risiko yang dihadapi anggota komunitas LGBT. Terutama dalam melawan diskriminasi dan kekerasan baik itu dari pemerintah maupun orang sekitar.

2. The Act of Killing

Selanjutnya pada tahun yang sama juga rilis film dokumenter yang berjudul The Act of Killing yang disutradarai Joshua Oppenheimer. Film ini sangat dekat dengan kita karena bercerita tentang pembunuhan massal di tanah air pada tahun 1965-1966.

Seperti yang bisa ditebak, film ini menggambarkan tentang kisah dan kehidupan para pembunuh yang tidak tersentuh oleh hukum. Film ini pun sukses menarik perhatian banyak orang karena dikemas dengan begitu apik.

3. 13th

Selanjutnya ada film dokumenter lain yang harus dilihat tentu saja film yang berjudul 13trh yang disutradarai Ava DuVernay.Film dengan latar Amerika ini berkisah tentang rasisme yang terjadi di negara Paman Sam.

Dimana dulu sama-sama kita kita ketahui rasisme di Amerika begitu kuat. Terutama penindasan terhadap mereka yang termasuk golongan kaum hitam.

4. Planet Earth II

Rekomendasi film dokumen bert terakhir entusa jaa Planet Earth II.Menariknya film ini bukanlah film tunggal seperti film dokumenter pada umumnya. namun lebih tepat sebagai sebuah serial film.

Film yang disutradarai oleh David Attenborough bercerita banyak hal menarik yang ada di muka bumi. berbagai gambar spektakuler dn kehidupan alam liar disuguhkan. Memberi pemahaman yang lebih pada manusia untuk lebih menjaga bumi dan seisinya.

Posting Komentar untuk "4 Film Dokumenter yang Dapat Menambah Wawasan"