Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Mesin Rigid Box?

Sebelum mengenal lebih jauh tentang mesin Rigid Box. Anda perlu tahu sebagai pengusaha yang fokus pada dunia percetakan. Bahwa betapa pentingnya sebuah kesan kemewahan dan elegan untuk pelanggan.

Rigid box atau kemasan rigid adalah wadah untuk barang-barang kecil atau besar yang akan memberi kesan mewah. Biasanya kemasan ini digunakan pada wadah handphone, jam tangan, pakaian dan masih banyak lagi.

Ketebalan yang dimiliki oleh kemasan rigid ini berbeda dengan kertas karton. Kertas yang digunakan adalah board yang tebal dan kaku. Sehingga kotak tidak akan lembek dan lebih awet. Bagian luar biasanya dilapisi desain dan logo brand.

Rigid box

Kotak rigid ini biasanya dipakai kembali oleh pelanggan, untuk menjual barang yang layak pakai. Meski barang yang dijual bukan baru tapi dibantu oleh kotak rigid memberikan harga jual yang baik. Orang pun akan merasa bangga memiliki barang-barang yang dimasukan dalam kotak mewah ini.

Untuk tampilan sendiri kadang dengan desain yang sederhana. Namun, tetap memberikan dampak yang wow untuk orang lain. Cara membuatnya pun bukan seperti kertas karton yang dilipat. Pembuatannya dilakukan oleh mesin khusus dan ketrampilan khusus pula. Jadi Anda perlu tahu apa saja yang ada di mesin pembuat kotak ini.

Mengenal Mesin Rigid Box Beserta Fungsinya


Mesin Rigid Box

Untuk menghasilkan Rigid Box yang elegan memerlukan 3 jenis alat untuk pembuatannya, yaitu :

1. Mesin Isolasi Box

Mesin yang diperlukan pertama kali adalah mesin isolasi box. Mesin ini gunanya untuk merekatkan kotak rigid menjadi kotak utuh dan tegak. Tapi ini masih proses awal. Jadi masih kotak tanpa adanya lapisan atau cover kotaknya.

Semacam kotak yang masih setengah jadi tampilannya. Tapi sudah terbentuk kotaknya. Pertama adalah buat dulu pola kertas board, bahan untuk membuat kotak rigid. Pola ini sudah dipotong dan tahap penyelesain untuk direkatkan. Nah, dimesin isolasi box inilah semua pinggirannya ditautkan.

Hasil dari bentuk kotak ini tidak akan terlihat seperti lipatan pada boks karton. Benar-benar mulus seperti tidak ada garis potongannya.

2. Mesin Lem

Mesin lem adalah mesin yang digunakan untuk melapisi seluruh permurkaan kertas. Kertas ini yang nantinya akan dijadikan lapisan kotak rigid. Dengan mesin maka akan lebih cepat dan memudahkan. Bayangkan jika Anda masih menggunakan tenaga tangan, butuh berapa orang yang akan melapisi setiap kertas?

Belum lagi hasil lem yang tidak merata, sehingga muncul kerutan pada kertas yang terlalu tebal lemnnya. Atau lem tidak rekat sempurna. Jadi ada saja produk yang gagal. Hal ini bisa menyebabkan pengeluaran produksi yang tinggi.

Dengan adanya mesin lem ini akan menghasilkan lapisan kertas akan erat dan rapih menempel pada boks rigid. Pelanggan pun akan merasa senang dengan kinerja Anda.

3. Mesin Press Inner Box

Proses tahapan final adalah memasukan kemasan rigid ke mesin press inner box. Tahapan ini merekatkan semua elemen untuk benar-benar menyatu dan sempurna. Antara lain rekatan pada boksnya dan juga lapisan luarnya. Agar lem yang sudah menempel bisa erat sekali.

Ada sisa-sisa lapisan bagian atas boks. Di mesin ini akan direkatkan ke dalam. Sehingga hasilnya bisa rapi dan tidak ada sisa lapisan lainnya. Pola lapisan kemasan rigid ini harus melebihi dari boks itu sendiri. Lebihkan satu centimeter untuk direkatkan dalam boks rigid.

Itulah tiga alat mesin boks rigid yang harus dimiliki oleh Anda sebagai pengusaha percetakan boks. Dengan adanya mesin ini akan memudahkan Anda menghasilkankualitas yang bagus. Bisa membuat jumlah yang banyak tanpa harus mengeluarkan banyak biaya SDM.

Ketiga mesin ini ada di maxipro dengan rincian harga sebagai berikut:
  • Mesin Isolasi Box harga Rp.40.400.000
  • Mesin Lem Canveyour harga Rp.334.800.000
  • Mesin Press Box FL540 harga Rp.285.500.000
  • Mesin Press Inner Box harga Rp.55.300.000
Semua mesin ini bisa didapatkan jika membeli di Maxipro. Agar usaha rigid box Anda semakin maju dan sukses. Maka diperlukan mesin rigid box dengan harga dan kualitas yang terjamin.

Posting Komentar untuk "Apa itu Mesin Rigid Box?"