Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Mitos Soal Keuangan yang Malah Merugikanmu

Untuk memperoleh keamanan finansial, berbagai aturan perlu dijalankan. Namun, kamu juga harus hati-hati dengan mitos soal keuangan yang malah bisa merugikanmu di bawah ini.

Mitos Soal Keuangan yang Malah Merugikanmu

Jangan Sering Memeriksa Skor Kredit

Dalam mengakses skor kredit, ada dua hal :
  1. Hard inquiry: peminjam memeriksa laporan kreditmu untuk memutuskan apakah kamu bisa melakukan pinjaman. Ia bisa menurunkan skor kreditmu.
  2. Soft inquiry: perusahaan atau perorangan memeriksa laporanmu untuk melakukan pemeriksaan latar belakang dan tidak memengaruhi skor.
Semakin tinggi skor kreditmu, semakin besar peluang mendapatkan pinjaman. Namun, jika tidak sering memeriksa skor, kamu rentan terkena penipuan.

Investasi Butuh Banyak Uang

Kamu butuh puluhan juta rupiah untuk memulai investasi. Jika kamu mendengar nasihat itu, lupakan saja. Zaman sekarang, kamu bisa berinvestasi hanya dengan beberapa puluh ribu saja.

Rumah Adalah Investasi Terbaik

Tidak ada jaminan nilai rumah akan naik secara wajar, apalagi jika terkena resesi. Beberapa orang yang membeli rumah secara kredit tenggelam setelah nilai rumahnya jatuh di bawah saldo pinjaman.

Beli Mahal, Jual Murah

Beberapa orang yang masih baru di dunia investasi mengira bahwa mereka harus membeli saham yang sedang naik karena menjanjikan balik modal yang tinggi. Namun, ketika saham itu turun, mereka buru-buru menjualnya karena takut rugi.

Padahal, hal yang seharusnya dilakukan adalah sebaliknya. Pelajari terlebih dahulu latar belakang perusahaan yang ingin dituju. Setelah yakin keuangan mereka sehat, beli sahamnya ketika harganya sedang turun.

Sisa di Kartu Kredit Bisa Menaikkan Skor Kredit

Jika saldo selalu ada dalam kartu kredit, biro kredit akan berpikir bahwa kamu sering melakukan peminjaman dan mampu membayar kredit. Dengan begitu, mereka akan menambah skor kreditmu.

Padahal, tenggat waktu bayar kredit tidak sama dengan tanggal perusahaan kredit melaporkan saldo kreditmu ke biro. Kalau kamu mengosongkannya pun, ada kemungkinan perusahaan akan tetap melaporkan bahwa kartu kreditmu masih memiliki sisa saldo yang belum dibayar.

Artinya, ada atau tidaknya sisa saldo di kartu kreditmu tidak mengubah skor kreditmu. Malahan, sisa saldo kredit hanya akan menambah beban bunga yang harus kamu bayar di kemudian hari.

Jangan Berutang

Akibat takut berutang, seseorang bisa memfokuskan seluruh pemasukannya untuk membayar utang. Padahal, menganggarkan pemasukan hanya untuk membayar semua utang-utangmu bisa membuatmu lupa pada tabungan hari tua.

Saat ingin membayar utang, pastikan kondisi keuanganmu seimbang untuk saat ini dan hari tua. Pilihlah kredit dengan bunga ringan. Jika ada uang, kamu bisa memakainya untuk mencicil utang atau memasukkannya ke tabungan hari tua yang memberikan bunga lebih besar.

Kartu Kredit Itu Pilihan Buruk

Kartu kredit bukanlah masalah. Yang menjadi masalah adalah utangnya. Kartu kredit memberikan kenyamanan dan keamanan bertransaksi. Beberapa perusahaan kredit memberikan pilihan Cicilan tanpa kartu kredit Traveloka, seperti PayLater milik Traveloka. 

Dengan fasilitas ini, Anda bisa menikmati produk Traveloka sekarang yang dibayar nanti. Ia juga didukung dengan USP milik PayLater dan PayLater Card. #JujurGunaBanget, kan?

Posting Komentar untuk "Ini Mitos Soal Keuangan yang Malah Merugikanmu"