Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu WhatsApp API?

Pada tahun 2018 WhatsApp meluncurkan WhatsApp API agar bisnis dapat menjangkau pelanggan lebih luas di seluruh dunia. Berbeda dengan WhatsApp Bisnis yang sudah diluncurkan lebih awal, aplikasi terbaru ini harus terhubung dengan sistem lain.

WhatsApp API adalah sebuah aplikasi untuk memudahkan pemilik bisnis dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan tanpa batas. Dirancang khusus untuk bisnis besar dan tengah berkembang.

WhatsApp API memiliki fitur yang tidak beda jauh dengan WhatsApp pada umumnya. Walau begitu, lebih banyak fitur unggulan dengan fungsi dan tujuan masing-maisng.

Jadi, jika bisnis Anda sedang dalam tahap perkembangan silahkan simak penjelasan mengenai WhatsApp API di bawah agar bisnis yang dikelola semakin berkembang.

Kelebihan WhatsApp API

Kelebihan WhatsApp API

Semakin besar dan berkembangnya suatu bisnis maka layanan pelanggan pun harus memadai. Dalam menyediakan layanan pelanggan yang efektif bisa melalui berbagai media seperti memanfaatkan WhatsApp Bisnis yang dapat diakses secara gratis.

Jika ingin lebih optimal lagi, alangkah baiknya menggunakan WhatsApp Business API yang memiliki fitur lebih canggih.

Adapun kelebihan dari WhatsApp API, adalah:

1. Bisa Digunakan oleh Banyak Admin

WhatsApp API merupakan aplikasi Multi-Agent Access atau dapat digunakan banyak admin dari satu nomor. Sehingga, untuk layanan pelanggan aplikasi ini sangat efektif digunakan karena setiap admin dapat berkomunikasi secara bersamaan.

Kelebihan lain dari Multi-Agent Access yaitu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena chat atau pesan dibalas dengan cepat oleh admin.

2. Sinkronisasi otomatis

Setiap informasi, kritik dan sara yang masuk dari pelanggan melalui pesan WhatsApp agar tersimpan dengan baik dan tidak hilang, maka perlu pencadangan data.

Dalam proses pencadangan data agar tidak repot melakukan sinkronisasi secara manual, maka dengan memanfaatkan fitur WhatsApp API proses sinkronisasi akan terjadi secara otomotasi.

3. Dapat Mengirim Pesan Broadcast

Salah satu promosi yang dilakukan agar menjangkau pelanggan secara langsung yaitu menggunakan WhatsApp Blast. Pesan broadcast pun dapat digunakan untuk memberikan berbagai informasi penting.

4. Terintegrasi dengan Perangkat Lain

WhatsApp API memerlukan perangkat lain dalam memanfaatkan setiap fitur-fiturnya. Misalnya pada sistem CRM atau layanan pelanggan lainnya.

5. Akun WahtsApp selalu Aktif

Karena terintegrasi dengan perangkat lain yaitu CRM, maka WhatsApp akan terus aktif selama kartu aktif. Berbeda sekali dengan WhatsApp bisnis yang tidak dapat tersambung dengan internet ketika jaringan internet mati.

Fitur Utama WhastApp API

Fitur Utama WhastApp API

WhatsApp Busniess API memiliki berbagai fitur yang akan memberikan pengalaman layanan pelanggan terbaik. Terdapat Fitur utama berupa customer service dan push notifikasi. Selain itu, masih ada beberapa fitur yang memiliki fungsi berbeda.

Adapun fitur utama pada WhatsApp API, yaitu:

Customer Service

Karena terintegrasi dengan sistem CRM maka untuk menerima kritik dan saran maka perlu layanan pelanggan atau customer service.

Dimana untuk berkomunikasi dengan pelanggan dapat melalui chatboot dalam merespon keluhan pelanggan dengan cepat. Dan, chat panel untuk memudahkan admin melakukan komunikasi dengan pelanggan.

Push Notifikasi

Agar pelanggan mendapatkan notifikasi terbaru berupa promo dan lainnya maka jangan ragu untuk mengirim notifikasi melalui broadcast messages melalui WhatsApp Blast dan schedule message.

Centang Hijau

Jika WhatsApp Bisnis tidak ada centang hijau, maka aplikasi terbaru WhtasApp API memiliki fitur centang hijau. Fungsi dari centang hijau untuk verifikasi akun resmi bisnis.

Fitur Tambahan

Terdapat fitur tambahan yang lebih lengkap dan terintegrasi dengan sistem CRM. Seperti dasbor terpusat dan kotak masuk bersama sehingga memudahkan manajemen dan melakukan interaksi sederhana.

WhatsApp sebagai salah satu aplikasi yang banyak digunakan, cocok sebagai media pemasaran melalui internet. Terutama dengan adanya WhastApp Business API dapat memberikan kemudahan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan.

Jika Anda tertarik dengan WhatsApp API maka dapat menggunakana Layanan dari OCA Indonesia yang sudah terhubung dengan 2.927.294 pelanggan. Karena sistem yang dibuat OCA lebih mudah untuk digunakan perusahaan maupun oleh pelanggan.

Omni Communication Assistant (OCA) akan membantu mengembangkan bisnis dalam layanan pelanggan berupa mengirim pesan SMS, mengirim OTP, Telepon, Membalas chat dan komentar di media sosial.

Posting Komentar untuk "Apa itu WhatsApp API?"