Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahu Banyak dari Direktori Penyakit di SehatQ.com

Bau badan bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Benar. Apalagi jika bau badannya sangat menyengat dan mengganggu orang-orang yang ada di sekelilingnya. Bisa-bisa pertemanan jadi buyar dan gebetan tidak jadi mendekat akibat bau badan yang tidak enak.

Bau badan biasanya identik dengan keringat yang berlebihan di tubuh kita. Akibatnya keringat sering dijadikan penyebab munculnya bau badan. Padahal keringat itu sebenarnya tidak berbau loh.

Bau Badan Sebagai Bagian dari Direktori Penyakit

Direktori penyakit adalah macam-macam penyakit yang ada menjangkiti tubuh kita. Mulai penyakit ringan seperti bau badan, tuli, buta sampai penyakit berat seperti penyakit jantung, liver dan lainnya.

Bau badan sendiri bisa dikatakan sebagai penyakit karena menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman akibat bau yang tidak sedap. Bau ini berasal dari keringat yang sudah bercampur dengan bakteri. Biasanya asalnya dari ketiak.

Kenapa ketiak? Karena ketiak termasuk lipatan tubuh yang menjadi tempat bakteri nyaman untuk berkumpul. Bakteri yang tumbuh subur di sana, akan memecah keringat dan mengeluarkan zat ammonia yang memiliki bau tak sedap.

Nama medis dari bau badan adalah bromhidrosis. Munculnya bau badan ini terjadi ketika keringat sudah mengering dan bercampur dengan bakteri

Penyebab Bau Badan

Penyebab Bau Badan

Tubuh manusia memiliki 2 sampai 4 juta kelenjar keringat di dalam tubuhnya. Kelenjar keringat ini dibedakan menjadi dua, yaitu kelenkar ekrin dan kelenjar apokrin.

Kelenjar Ekrin

Kelenjar ekrin adanya di bagian tubuh yang rata dan datar, seperti telapak tangan, telapak kaki dan juga dahi. Keringat yang dihasilkan bersifat encer dan tidak berbau. Keringat yang keluar dari kelenjar keringat pada kelenjar ekrin, langsung terhubung ke permukaan kulit.

Kelenjar Apokrin

Berbeda dengan kelenjar ekrin yang berada pada bagian tubuh yang langsung bersentuhan dengan permukaan kulit, kelenjar apokrin harus melewati folikel rambut dulu untuk bisa keluar dari tubuh. Bagian tubuh yang dimaksud biasanya berada pada selangkangan, kulit kepala dan juga ketiak.

Keringat yang dihasilkan lebih pekat dan menganduk lemak. Nah lemak inilah yang disukai oleh bakteri dan dijadikan sebagai tempat berkembang biak.

Bakteri akan memakan lemak dan memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil. Pemecahan lemak ini menghasilkan bau yang tidak sedap. Bau inilah yang menyebar ke seluruh badan sehingga membuat kita tidak nyaman.

Penyebab bau badan bisa bermacam-macam, beberapa diantaranya yaitu :

1. Mengalami masa pubertas dimana produksi keringat di kelenjar apokrin lebih banyak

Pada masa pubertas, hormone akan merangsang produksi kelenjar keringat sehingga lebih banyak dari biasanya. Terutama kelenjar apokrin yang bertempat di daerah tumbuhnya folikel rambut. Karenanya pada masa ini, keringat lebih banyak muncul dan menyebabkan bau badan tidak sedap pada bagian ketiak.

2. Memiliki Kelainan Medis

Kelainan medis yang dimaksud adalah terlalu aktifnya kelenjar keringat atau yang disebut dengan hyperhidrosis. Selain itu juga aktifnya kelenjar tiroid juga bisa memicu produksi keringat berlebih sehingga berpotensi untuk menimbulkan bau badan yang kurang sedap. 

Produksi keringat ini lebih banyak dari orang kebanyakan, sehingga dinilai kurang normal dan perlu segera ditangani oleh dokter.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Berbau Menyengat

Makan bawang putih atau makanan pedas bisa memicu keringat muncul. Makanya orang yang kepedasan bisa sangat berkeringat sehingga bau badannya lama-lama tak sedap. 

Jangan memakan makanan pedas atau makanan yang berbau menyengat setiap hari untuk menghindari bau badan yang tak sedap.

4. Stress

Stress juga bisa memicu hormone memproduksi kelenjar tubuh lebih banyak dari biasanya. Tak terkecuali kelenjar keringat dalam tubuh. Kontrollah pikiran agar tidak terlalu stress dan terapkan hidup sehat.

5. Menderita Penyakit Tertentu

Penyakit diabetes, kelainan pada ginjal adalah contoh beberapa penyakit yang bisa memicu kelenjar keringat memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya. Kontrollah kesehatan tubuh agar tetap sehat dan terjaga, sehingga bau badan pun diminimalisir.

Cari tahu Direktori Penyakit di SehatQ.com

Cari tahu Direktori Penyakit di SehatQ.com

Bau badan memang sering dianggap masalah sepele bagi sebagian besar orang. Bahkan tidak digolongkan sebagai suatu kelainan. Bagi yang memiliki produksi keringat normal, mungkin itu hal yang wajar. 

Tapi ada golongan orang tertentu yang produksi keringat dalam tubuhnya berlebih dan tidak normal. Jika seperti ini, maka kasusnya sudah menjadi sebuah penyakit dan harus segera ditangani.

Sebelum memutuskan untuk konsultasi ke dokter, kita bisa mengetahui lebih banyak mengenai direktori penyakit lewat website sehatQ.com.

Informasi yang diberikan di sana lengkap. Mulai dari apa itu jenis penyakit yang kita cari, bagaimana ciri dan tanda-tandanya, sampai penangannya. Seperti kasus bau badan. Kita bisa mencari tahu mengenai apa itu bau badan, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya hanya dengan mengklik sehatQ.com.

Langsung masuk saja ke link sehatQ.com dan ketik kata kunci yang ingin kita cari. Informasi tentang direktori penyakit akan terpampang nyata di sana. Pokoknya kita bisa tahu lebih banyak tentang direktori penyakit di sehatQ.com. Lengkap dan mudah dipahami.

Posting Komentar untuk "Tahu Banyak dari Direktori Penyakit di SehatQ.com"