Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Gaji Pokok, Gaji Kotor dan Gaji Bersih

Sudah menjadi sebuah berita viral di dunia kerja bahwa gaji adalah sesuatu yang sering dibahas. Bahkan di sesi wawancara kerja ketika seorang pelamar ingin menempati posisi di sebuah perusahaan, pelamar akan ditanya mau minta gaji berapa.

Besar kecilnya gaji seseorang tergantung dari posisinya dalam perusahaan. Info viralnya, di dalam gaji rupanya ada istilah gaji pokok, gaji kotor dan gaji bersih. Ketiganya tentu saja ada perbedaannya. Satuviral.com memberikan penjelasan mengenai perbedaan soal istilah tentang gaji ini.

Apa Gaji Itu?

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, gaji diartikan sebagai sejumlah uang yang dibayarkan kepada seorang pekerja yang sudah bekerja dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah yang sudah disepakati sebelumnya.

Gaji ini diberikan oleh pemberi kerja kepada semua karyawan yang bekerja kepadanya. Baik karyawan tetap maupun karyawan kontrak. Selain itu besarnya gaji juga dilihat dari wilayah tempat kerjanya, sehingga pemerintah menerapkan Upah Minimum Regional yang dikenal dengan UMR.

UMR adalah standar upah paling rendah yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya berdasarkan wilayah kerja perusahaan. Besarnya UMR berbeda tiap daerah karena standar UMP masing-masing daerah juga berbeda. Perbedaan ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti tingkat perekonomian daerah setempat, kemampuan daya beli masyarakat, dan lain-lain.

Sebagai contoh UMR kota Jakarta tentu berbeda dengan UMR Surabaya dan Magetan. Begitu juga dengan UMR daerah lainnya. Berita vital seputar UMR Jakarta menyebut angka Rp 4.901.798 di tahun 2023 ini. Sementara UMR Surabaya dikabarkan sebesar Rp 4.525.479 di tahun 2023 ini.

Perbedaan Gaji Pokok, Gaji Kotor dan Gaji Bersih

satuviral : Perbedaan Gaji Pokok, Gaji Kotor dan Gaji Bersih

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kisaran gaji seorang karyawan mencakup beberapa hal, termasuk gaji pokok, gaji kotor dan juga gaji bersih. Perbedaan ketiganya yaitu :

1. Gaji Pokok

Gaji pokok adalah gaji utama yang diberikan perusahaan atau pemberi kerja kepada seorang karyawan. Besarnya gaji pokok ini belum termasuk tunjangan dan lain-lain.

Contohnya. Gaji Anda saat bekerja di sebuah perusahaan adalah 5 juta rupiah dengan tunjangan 1 juta rupiah dan biaya lembur serta uang makan 1 juta rupiah. Maka gaji pokok Anda adalah 5 juta rupiah.

2. Gaji Kotor

Gaji Kotor adalah total gaji yang diterima oleh seorang karyawan dalam kurun waktu tertentu. Di dalam gaji kotor, sudah termasuk gaji pokok, tunjangan, uang lembur, uang makan, transport dan yang lainnya. Namun belum dipotong oleh pajak penghasilan dan potongan yang lain.

3. Gaji Bersih

Gaji bersih adalah Total gaji yang Anda terima atau gaji kotor setelah dipotong pajak penghasilan dan potongan lainnya, misalnya asuransi kesehatan BPJS.

Cara menghitung gaji bersih dari gaji kotor yaitu dengan menggunakan rumus sederhana = Gaji kotor – (pajak + potongan tertentu).

Penutup

Gaji karyawan sudah menjadi sebuah info viral yang harus dipahami oleh setiap pekerja. Tujuannya agar karyawan paham dengan upah yang diterima sebagai imbalan atas kerja kerasnya selama bekerja di perusahaan.

Perusahaan pun tidak boleh lalai dalam membayar gaji karyawan karena akan dikenakan sanksi oleh pemerintah. Semua sudah diatur dalam UU no 13 tahun 2023. Info viral mengenai gaji bisa didapatkan di satuviral.com ya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Gaji Pokok, Gaji Kotor dan Gaji Bersih"